Detail Berita
Komisi C DPRD Sidoarjo Panggil 3 Kepala Dinas PU Akibat Banjir Kepung Kota Delta
Tanggal : 2016-11-29 | Author : administrator

Sidoarjo - Tiga Dinas Pekerjaan Umum (PU), yaitu PU Pengairan (PUP), PU Cipta Karya (PUCK), dan PU Bina Marga (PUBM), dipanggil Komisi C DPRD Sidoarjo untuk pemaparan evaluasi kerja kejadian banjir di hampir seluruh wilayah Sidoarjo pada Senin 10 Oktober 2016.

Komisi C meminta penjelasan masing-masing kepala dinas terkait upaya yang sudah dan akan dilakukan atas peristiwa tersebut.

 

Menurut Ketua Komisi C, Achmad Amir Aslichin, dari hasil pertemuan dengan tiga instansi pemerintah tersebut, bahwa banjir yang melanda sebagian besar wilayah kabupaten Sidoarjo beberapa hari ini karena curah hujan yang tinggi.

 

“Setelah kita mendengar paparan mereka, jauh-jauh hari sebelumnya sudah dilakukan normalisasi dan pembersihan dibeberapa saluran. Tapi karena memang curah hujan yang tinggi sehingga banjir tak terelakkan lagi,” ujar Amir Aslichin saat ditemui sejumlah awak media.

 

Dalam pertemuannya kali ini, pihaknya lebih menekankan program prioritas antisipasi banjir di masa mendatang. Menurutnya, banjir yang terjadi di sejumlah kawasan dikarenakan adanya penyempitan saluran.

 

Salah satunya, yang terletak di kawasan Taman Sidoarjo. Saluran yang semula memiliki lebar 10 meter, saat melintasi Jalan nasional menyempit menjadi 5 meter, dan kemudian semakin menyempit lagi hingga 3 meter bahkan mendekati jalur kereta api Kemendung.

 

”Kita sudah sampaikan masalah penyempitan saluran ini ke Balai Jalan Nasional V dan juga PT KAI Daop 8 untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

 

Sementara, banjir di wilayah Gedangan, Waru, maupun Sidoarjo kota, lebih banyak disebabkan penyumbatan saluran. Salah satunya sampah. Masih banyak dijumpai warga membuang sampah di saluran. Hal ini bisa memicu penyumbatan dan sedimentasi.

 

“Namun, normalisasi dan pembersihan saluran yang sudah dilakukan jauh hari, sudah ada kemajuan. Contohnya, Jalan Juanda yang biasanya selalu banjir saat hujan, pembuangan airnya sudah lancar,” ungkapnya.

 

Untuk antisipasi jangka pendek, kata dia, pemerintah telah menyiagakan pompa-pompa di titik rawan banjir. Kepala Dinas PUP, Fatkhurrahman, dan Kepala Dinas PUCK Sidoarjo, Agoes B Tjahyono dan Kepala Dinas PUBM, Sigit Setyawan. Usai dipanggil Komisi C satu per satu, mengatakan telah melakukan tugasnya dalam mengatasi banjir yang menggenangi Sidoarjo yang terkenal dengan sebutan Delta ini.

 

Usai pertemuan tertutup dengan Komisi C, Fatkhurrahman menjelaskan kejadian banjir kemarin karena hujan deras dan air rob. Avur-avur tak mampu menampung debit air, sementara di bagian muara sungai air pasang juga masuk.

 

Dinas PUP juga memiliki empat pompa air di Pucang, Kelenteng Tjong Hok Kiong, Kedungbanteng, dan Pesawahan. Keempat pompa ini difungsikan untuk menyedot air dari tempat-tempat genangan di area tersebut.

 

Fatkhurrahman menuturkan upaya jangka pendek yang dilakukan adalah normalisasi sungai dan pembersihan gorong-gorong avur. Sedimentasi membuat sungai-sungai yang mengaliri Kota Delta menjadi dangkal, sementara saluran avur juga mengalami penyumbatan akibat banyaknya sampah.

Untuk antisipasi lanjutan, pihaknya akan melakukan rekayasa buka-tutup pintu air agar manajemen air bisa dioptimalkan. Kendati demikian, Fatkhurrahman menyatakan jika kejadiannya seperti ini terjadi lagi dalam waktu dekat, di mana intensitas hujan tinggi dan air rob, genangan sangat mungkin terjadi kembali. “Kami belum bisa mulai normalisasi karena masih ada genangan. Namun, untuk rekayasa buka-tutup pintu air sudah kami lakukan,” pungkasnya.

Testimonial
Untuk mengurangi genangan atau banjiran sebelum Musim Hujan tiba sebaiknya semua Afvour yg dangkal supaya di adakan Normalisasi dan Tenaga Afvour di Kondisikan untuk membersihkan Enceng Gondok dan Rumput liar di saluran pembuang / Afvour agar air bisa lancar tanpa hambatan
Tanggal : 2016-12-02 | Pengirim : Mustakim
Perlu perbaikan saluran dengan daya tampung dan daya dukung kapasitas air yang memadai
Tanggal : 2016-11-30 | Pengirim : MA
Mohon dicermati, tentang adanya dugaan pembuangan limbah langsung ke sungai, tanpa adanya treatment khusus..
Tanggal : 2016-11-30 | Pengirim : anonim
Maju terus, dan semoga sukses!! Perbanyak informasi yang transparan..
Tanggal : 2016-11-30 | Pengirim : abdul
mohon diposting mengenai kegiatan PU Pengairan SDA selama tahun ini. Trims.
Tanggal : 2016-11-30 | Pengirim : Acong
Statistik Kunjungan
 
Hari Ini :
Kemarin : 32
Bulan ini : 501
Tahun ini : 6749
Semua : 3471088
 
Calender
Untitled Document
 
Kabupaten Sidoarjo
DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG
KABUPATEN SIDOARJO

Jl. Sultan Agung No. 17 A
Telp (031) 8921942
 
Copyright © 2017. PUPR Kabupaten Sidoarjo
Home
Foto
Download
Laporan Masyarakat
Database Saluran
Kontak
Profil
Sejarah
Visi dan Misi
Tujuan dan Saran
Tugas Pokok dan Fungsi
Kepala Dinas
Kepala Bidang
Struktur Organisasi
SDM
Program Kegiatan
Sekretariat
Bidang Pembangunan dan Bina Manfaat Air
Bidang Operasi dan Pemeliharaan Air
Bidang Pembangunan dan Peningkatan Jalan Jembatan
Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
Bidang Tata Bangunan
Bidang Tata Ruang
UPTD
Berita
Sekretariat
Bidang Pembangunan dan Bina Manfaat Air
Bidang Operasi dan Pemeliharaan Air
Bidang Pembangunan dan Peningkatan Jalan Jembatan
Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
Bidang Tata Bangunan
Bidang Tata Ruang
UPTD
Layanan
Sekretariat
Bidang Pembangunan dan Bina Manfaat Air
Bidang Operasi dan Pemeliharaan Air
Bidang Pembangunan dan Peningkatan Jalan Jembatan
Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan
Bidang Tata Bangunan
Bidang Tata Ruang
UPTD